Selasa, 25 September 2012

SISWA M2 WONOSOBO BELAJAR INTERNET

Hari selasa, 25 September 2012, siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Wonosobo untuk yang kesekian kalinya belajar menggunakan internet di kelas, meskipun hanya menggunakan 1 PC namun para siswa sangat antusias bergantian satu persatu mencoba bermain internet, sebelumnya para siswa telah dibekali materi tentang penggunaan internet dan bagaimana cara membuka atau mengoperasikannya, materi praktek ini juga masih mencoba mengulang praktek yang sebelumnya yaitu membuka jendela yang terhubung ke jaringan internet seperti Mozilla Firefox, Internet Exvlorer, atau Flock, serta operamini, setelah itu para siswa satu persatu diminta untuk menuliskan alamat situs pada baris alamat situs seperti www.google.com, www.yahoo.com, www.facebook.com, serta blogger M2 Pangkul.
Dari mesin pencarian google.com ini para siswa mencoba mencari fitur GAMBAR dan mengetik nama-nama tokoh dan idola yang mereka sukai seperti Girlband Cherrybelle, Seven Icon, pemain bola Christiano Ronaldo, Bambang Pamungkas, artis tampan Teuku Wisnu,artis cantik Siren Sungkar, dan artis-artis yang lain. Satu atau dua siswa sudah ada yang sedikit paham mengoperasikan computer sehingga tidak bingung memegang mouse dan mengKLIK fitur-fitur yang ada di computer, dan sebagian yang lain masih ada yang bingung bagaimana menggerakkan kursor sentuh, atau meletakkan posisi kursor di tempat yang akan dituju untuk diKLIK (Maklum,,namanya juga belum bisa kak!! Hehe ).
Praktek penggunaan internet ini adalah modal awal para siswa mengenal dunia maya. Pasti ada yang Tanya “Apa sih dunia Maya??” bukan mbak Maya lho…atau tante Maya, apalagi dik Maya”….dunia maya itu sangat luas definisinya, tapi disini yang dimaksud dunia maya adalah segala aktifitas yang berhubungan dengan internet seperti Facebookan,Twitteran, YM-an, Bloggeran, yang pasti bukan ciuman lho..(cium tuh monitor!! ).
Praktek ini berjalan kurang lebih 90 menit kurang dikit aja karena pake acara mati lampu juga yaa…namun rasa penasaran siswa masih menyelimuti perasaan mereka masing-masing,ingin rasanya pergi ke warnet tapi masih malu karena belum bisa internetan,masih canggung karena pegang mouse aja masih gemeteran n geregetan (lagunya Gita Gutawa), atau jangan-jangan gak punya duit yaa mo ke warnet??hayoo ngakuuu…tuh kan ada yang tunjuk jari!!! namun hal itu gak jadi masalah ya adik-adik kapan-kapan kalo pengen ngenet ngajak guru TINKOM ke warnet biar gak malu OK!! (Bayar sendiri lhoo..)
Dunia semakin lama semakin maju, begitupun teknologi akan semakin berkembang seiring perkembangan zaman dan peradaban. Teknologi pasti tidak akan lepas dari Internet, tentu saja hal ini menuntut setiap orang untuk belajar menggunakan internet karena informasi apapun ada di internet selama para penggunanya sadar akan segi positif dan negatifnya. Semoga siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Wonosobo semakin paham tentang penggunaan internet dan manfaatnya bagi mereka.

SELAMAT BELAJAR dan BERKREASI
SALAM PENDIDIKAN!!

Created By : Hardha Syukri Yahmin



0 comments:

Posting Komentar